Saat hendak membuat konten atau kampanye untuk website Anda, keyword dan search engine optimization (SEO) adalah bagian yang paling penting. Penggunaan tools riset keyword menjadi senjata utama bagi kita untuk menemukan target kata kunci.
Setiap kali orang mencari informasi yang relevan dengan konten Anda, Anda ingin konten Anda berada di halaman pertama mesin pencarian seperti Google. Untuk mencapai hal tersebut, Anda memerlukan strategi SEO yang solid.
Salah satu usaha untuk mewujudkan hal tersebut yaitu Anda bisa memulainya dengan melakukan riset keyword. Dalam menganalisa keyword, Anda perlu tingkat ketelitian yang tinggi supaya kampanye atau konten website berjalan dengan matang.
Untungnya ada banyak keyword tools seperti SEMrush, Ahrefs, Moz, Google Trend, dll. yang akan memudahkan anda dalam melakukan riset keyword.
Pada artikel ini saya akan membahas mengenai keyword tools terbaik untuk riset keyword. Mari kita bahas bersama-sama!
Apa Itu Riset Keyword?
Riset keyword adalah salah satu bagian penting dari SEO. Pada dasarnya, kegiatan tersebut merupakan proses menemukan keyword (kata kunci) yang sering digunakan orang-orang pada mesin pencarian seperti Google, Bing, DuckDuckGo dan sebagainya.
Sebelum membuat konten artikel untuk website atau blog, Anda harus mengetahui keyword apa yang sedang dicari oleh orang-orang di mesin pencari. Tanpa mengetahui hal tersebut, konten Anda tidak akan optimal.
Riset keyword dapat membantu dalam menemukan topik yang relevan untuk Anda serta user, memahami target audiens, meningkatkan penjualan dan meningkatkan organic traffic.
Itu sebabnya riset keywords sangat penting ketika akan membuat suatu konten untuk website atau blog Anda. Lalu, bagaimana strategi yang tepat dalam melakukan keyword research?
Hal-hal yang Perlu Diperhatikan saat Riset Keyword
1. Search volume
Search volume adalah jumlah pencarian dari suatu keyword di Google dalam jangka waktu tertentu, biasanya ditampilkan dalam satu bulan terakhir.
Semakin besar jumlahnya pada suatu keyword, maka keyword tersebut sering dicari oleh orang-orang di Google.
Search volume menjadi salah satu hal yang penting saat membuat strategi konten karena ini mencerminkan popularitas suatu keyword.
2. Keyword difficulty
Keyword difficulty adalah metrik yang mengukur tingkat kesulitan sebuah keyword untuk berada di halaman pertama hasil pencarian.
Biasanya dalam suatu tools riset keyword, tingkat kesulitannya yaitu di sekitar skala 0-100. Semakin tinggi angkanya, maka semakin sulit juga keyword tersebut untuk berada di halaman pertama hasil pencarian.
3. Keyword suggestion
Keyword suggestion merupakan saran keyword yang masih relevan dengan keyword yang sedang Anda cari. Biasanya, keyword suggestion ditampilkan oleh Google saat Anda mengetikkan suatu keyword di kolom pencarian.
Misalnya, Anda sedang riset keyword untuk kata kunci “digital marketing”, maka metrik ini akan memberikan saran keyword “konsep digital marketing”, “strategi digital marketing” dan lain sebagainya yang masih relevan dengan keyword yang ingin Anda targetkan.
4. Search Engine Result Page (SERP)
Search Engine Result Page (SERP) dapat menunjukan laman-laman yang berada di halaman pertama hasil pencarian berdasarkan dari keyword yang Anda cari.
SERP ini berfungsi untuk melihat seperti apa kualitas laman-laman yang dapat berada di halaman pertama hasil pencarian. Selain itu, SERP juga berfungsi untuk mengetahui search intent pada suatu keyword yang ingin Anda targetkan.
Sebagai contoh, Anda mengetikkan keyword “apa itu seo”. Dalam SERP, konten yang ditampilkan kebanyakan yaitu informasi-informasi mengenai SEO, mulai dari pengertian hingga cara kerjanya.
Maka, keyword “apa itu seo” tersebut mengacu pada keyword informational, yaitu keyword yang bertujuan untuk memberikan informasi kepada user.
Tools Riset Keyword
Berikut ada beberapa keyword tools gratis maupun berbayar yang dapat membantu Anda dalam melakukan riset keyword:
1. SEMrush
SEMrush merupakan tool SEO yang populer di kalangan para praktisi SEO. Tool ini dapat mempermudah Anda dalam melakukan riset keyword.
Anda dapat memasukkan hingga 100 keyword yang dapat dianalisa secara langsung.
SEMrush menyediakan fitur keyword magic tool, ini merupakan fitur yang sering digunakan. Nantinya fitur ini akan menampilkan informasi seperti relevansi keyword, search volume, trend, keyword difficulty, CPC, dan juga SERP.
Misalnya, Anda melakukan riset untuk keyword “digital marketing”, maka nanti hasil yang ditampilkan akan seperti ini.
Anda bisa menggunakan tool ini secara gratis maupun berbayar.
Sayangnya, jika menggunakan SEMrush dengan akun gratis, Anda hanya dapat memakai tool ini selama 7 hari. Selebihnya, jika ingin menggunakan tool ini, maka akan dikenakan tarif untuk berlangganan.
2. Ubersuggest
Ubersuggest merupakan keyword tool yang dapat diakses secara gratis. Neil Patel, salah satu digital marketer ternama merupakan orang di balik tool tersebut.
Akan tetapi, hanya beberapa fitur saja yang bisa diakses bila Anda menggunakan Ubersuggest secara gratis. Untuk dapat mengakses semua fitur Anda harus berlangganan terlebih dahulu.
Tool ini dapat memberikan informasi mengenai search volume, seo difficulty/keyword difficulty, keyword suggestion, paid difficulty, dan CPC.
Informasi tersebut sangat penting untuk praktik riset keyword Anda karena berguna untuk mengetahui tingkat persaingan suatu keyword serta mengidentifikasi tujuan dalam pembuatan artikel/konten.
Misalnya, keyword yang Anda masukkan adalah “digital marketing”, hasilnya seperti ini:
3. Moz
Moz menawarkan kelengkapan dan kemudahan dalam melakukan riset keyword ataupun analisa SEO lainnya. Untuk menggunakannya, Anda harus daftar terlebih dahulu sebagai anggota.
Tool ini memiliki tampilan yang menarik dan mudah dipahami bagi para pemula. Untuk melakukan riset keyword di Moz terdapat fitur Moz Keyword Explorer.
Moz keyword Explorer ini nantinya akan memberikan informasi terkait keyword yang sedang Anda riset, berupa:
- Monthly volume adalah jumlah volume pencarian di Google keyword yang Anda riset dalam periode bulanan
- Keyword difficulty adalah ukuran tingkat kesulitan untuk keyword yang Anda riset dalam meraih rank yang lebih tinggi dengan kompetitor yang sama menggunakan keyword tersebut
- Organic CTR adalah estimasi persentase CTR untuk keyword tersebut
- Priority score adalah skor yang menunjukan kombinasi semua metrik lainnya seperti, search volume, organic CTR dan keyword difficulty. semakin tinggi skornya maka search volume dan CRT nya menunjukan persentase atau jumlah yang tinggi lalu untuk keyword difficulty menunjukan persentase atau jumlah yang rendah
Sebagai contoh kami sedang melakukan riset untuk keyword “digital marketing” maka hasilnya adalah sebagai berikut:
Hasil di atas merupakan informasi yang didapatkan dengan akun gratis. Moz menawarkan kesempatan Free Trial semalam 30 hari.
Setelah itu, Anda harus berlangganan terlebih dahulu jika anda ingin menikmati semua fitur yang ada di Moz.
4. Ahrefs Keyword Generator
Ahrefs Keyword Generator merupakan keyword tool gratis yang dapat memberikan hasil riset keyword yang lumayan lengkap sehingga bisa memenuhi kebutuhan Anda dalam membuat konten artikel.
Tool ini dapat menemukan hingga 150 keyword ideas untuk keyword yang sedang Anda riset.
Misalnya, Anda memasukkan keyword “digital marketing”, maka Anda mendapatkan beberapa informasi berupa:
- Relevansi keyword dengan keyword yang sedang Anda riset.
- Keyword difficulty
- Search volume
- Tanggal update hasil pencarian
- List pertanyaan untuk keyword tersebut
5. Google Trends
Google Trends merupakan keyword tool gratis dari Google. Tool ini dapat memberikan informasi berupa:
- Search volume: semakin tinggi minat atau interestnya yang berskala 0-100 poin, semakin tinggi juga search volume-nya. Google Trends ini tidak menampilkan search volume secara mendetail
- Keyword yang sedang trending
- Topik yang terkait dengan keyword yang sedang Anda riset
Sebagai contoh, kami memasukkan keyword “digital marketing”, maka hasilnya sebagai berikut:
Hasil di atas menunjukan grafik minat atau interest pada keyword tersebut. Data tersebut bergantung pada filter yang Anda pilih seperti filter negara, waktu hasil pencarian, kategori, serta jenis pencarian.
Pada hasil ini, Anda bisa mengetahui di area mana keyword ini sering dicari dan topik yang terkait dengan keyword tersebut. Hasil ini juga bergantung pada filter yang Anda pilih.
Fitur yang tersedia di Google Trend Anda akan lebih mudah untuk menemukan keyword mana yang memiliki minat tinggi dan keyword mana yang trennya sedang naik.
Itu dia penjelasan sekilas mengenai pengertian riset keyword, hal-hal apa saja yang harus diperhatikan serta beberapa rekomendasi tools riset keyword terbaik dari kami yang bisa Anda gunakan.
Dengan melakukan riset keyword terlebih dahulu, Anda dapat mengidentifikasi kata dan frasa apa yang berpotensi untuk dijadikan keyword pada konten.
Pemilihan keyword yang tepat pada konten akan mendatangkan trafik organik dan dapat meningkatkan peringkat website Anda di hasil pencarian.
Jika Anda merasa kesulitan dalam menemukan potensial keyword untuk sebuah konten, kami siap membantu Anda kapan pun dan di mana pun!
Melalui jasa SEO, kami akan memberikan banyak sekali opsi keyword untuk artikel Anda serta sesuai dengan search intent.
Dengan begitu, maka halaman Anda mampu bersaing di peringkat teratas pada search engine, bahkan tidak menutup kemungkinan bisa berada di page one!
Jadi, tunggu apa lagi? Segera hubungi kami di sini dan bersiap untuk mendapatkan organic traffic dalam jumlah yang banyak!
SEO Specialist at Median. Skilled in SEO, Content Creation, and Off Page Optimization.