Apa Itu SEO? Pengertian, Jenis-jenis, dan Cara Kerjanya

apa itu seo

SEO saat ini telah menjadi salah satu strategi digital marketing yang banyak digunakan berbagai perusahaan. Sebab penerapan SEO tidak memerlukan biaya tinggi karena traffic yang didapatkan secara organik. Lalu apa itu SEO?

Pertanyaan tersebut seringkali ditanyakan para marketer atau pengusaha yang mulai terjun ke dunia digital marketing dan memasarkan bisnis mereka secara digital.

Terlebih, di era digital sekarang SEO memegang peranan yang besar dalam pengembangan bisnis yang semakin masif bergerak di bidang online.

Oleh karena itu, berikut kami paparkan informasi seputar SEO mulai dari pengertian hingga cara kerjanya. Yuk, simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

Apa Itu SEO?

SEO merupakan singkatan dari “Search Engine Optimization”. Secara sederhana, SEO adalah proses optimasi website untuk meningkatkan visibilitas ketika orang mencari produk atau layanan terkait dengan bisnis Anda di Google, Bing, dan mesin pencari lainnya. 

Semakin baik visibilitas halaman Anda dalam hasil pencarian, semakin besar kemungkinan Anda menarik perhatian dan mendapatkan calon pelanggan.

Selain itu, penerapan strategi SEO tidak mengeluarkan biaya yang banyak dibandingkan dengan strategi digital lainnya, seperti Google Ads, dan Social Media Ads.

Oleh karena itu, banyak perusahaan yang memulai kampanye digital marketing dengan menggunakan metode SEO.

Jenis-jenis SEO

seo adalah

Setelah mengetahui apa itu SEO, kini saat beranjak ke pembahasan mengenai jenis-jenisnya.

Untuk membantu meningkatkan visibilitas dan ranking website, Anda perlu memahami 3 jenis SEO yang mempengaruhi penentuan posisi website Anda di mesin pencari.

Adapun jenis-jenis SEO yaitu Technical SEO, On Page SEO, dan Off Page SEO.

Baca Juga: Panduan Lengkap Belajar SEO untuk Pemula: Dasar, Sumber, dan Tips Belajar

Technical SEO

seo adalah

Technical SEO bertujuan untuk mengoptimalkan elemen teknis situs web Anda untuk mesin pencarian. Elemen teknis SEO ini meliputi pagespeed, mobile friendliness, website structure, dan lain-lain.

Jenis SEO yang satu ini merupakan faktor penting untuk memulai strategi SEO Anda. Pasalnya, technical SEO berfungsi untuk memastikan bahwa situs web Anda dapat di crawl dan terindeks oleh mesin pencari. 

Sebab, jika mesin pencarian tidak dapat menemukan website Anda melalui robot crawling, strategi SEO yang Anda terapkan tidak akan menunjukkan hasil yang maksimal.

Untuk menemukan masalah teknis pada website Anda, Anda memerlukan Technical SEO Audit.

Audit ini membantu memahami masalah yang menghambat situs web Anda. Tools seperti Screaming Frog, dan Semrush dapat Anda gunakan untuk menemukan masalah teknis dan melakukan perbaikan.

On-page SEO

On-page SEO (terkadang disebut on-site SEO) adalah proses pengoptimalan bagian halaman web Anda sehingga memperoleh peringkat lebih tinggi pada mesin telusur dan mendapatkan lebih banyak organic traffic.

Jenis SEO ini merupakan elemen penting dalam pengoptimalan mesin telusur karena dapat membantu crawler memahami isi setiap konten di situs web Anda. 

Semakin baik crawler memahami konten Anda, maka semakin tinggi peringkat Anda dalam pencarian dan menghasilkan organic traffic, awareness, dan conversion.

Beberapa faktor yang mempengaruhi optimasi ini termasuk memperbarui konten di halaman, tag judul, internal link, dan lainnya. 

Mesin pencari seperti Google juga melihat kata kunci dan isyarat SEO lain di halaman untuk memeriksa apakah suatu halaman cocok dengan maksud pencarian pengguna. 

Jika mesin pencari memutuskan halaman tersebut berguna bagi pengguna, search engine akan menampilkan website tersebut di ranking tertinggi pada hasil pencarian.

Off-page SEO

apa itu seo

SEO off-page mengacu pada apa pun yang terjadi dari luar situs web Anda dan membantu meningkatkan peringkat pencarian Anda, salah satunya yaitu backlink

Backlink adalah tautan (link) dari satu situs web ke halaman di situs web lain. Google dan mesin pencari menyebut hal tersebut dengan nama backlink.

Halaman dengan jumlah backlink yang besar cenderung memiliki peringkat mesin pencari organik yang tinggi.

Namun, tidak semua backlink memiliki kualitas yang sama. Jika Anda ingin mendapat peringkat lebih tinggi di SERP, Anda dapat memfokuskan pada backlink berkualitas.

Misalnya, backlink dari website ternama, seperti online media dan blogger dengan otoritas yang baik.

Selain backlink, ada banyak metode dan taktik SEO off-page yang dapat Anda gunakan untuk mempromosikan konten Anda di situs pihak ketiga, seperti pemasaran konten, promosi event, sosial media pemasaran, dan lainnya.

Semakin banyak tautan eksternal dan tautan berkualitas yang Anda dapatkan, semakin berharga konten Anda bagi algoritma search engine.

Dengan begitu, maka halaman website Anda akan mendapatkan peringkat terbaik di search engine dan mendapatkan jumlah klik yang banyak.

Baca Juga: 5 Tools Riset Keyword Terbaik untuk Menargetkan Kata Kunci

Cara Kerja SEO

cara kerja seo

Mesin pencari memiliki algoritma berupa program yang digunakan untuk menghasilkan informasi terbaik dan relevan sesuai dengan kebutuhan user yang melakukan pencarian. 

Ada tiga langkah cara kerja mesin telusur: crawling, yang merupakan tahap penemuan; indexing, yaitu tahap pengarsipan; dan peringkat, yang merupakan tahap pengambilan.

Tahap 1: crawling

Cara kerja pertama pada SEO adalah proses crawling. Mesin pencari mengirimkan crawler web untuk menemukan halaman baru dan merekam informasi tentangnya.

Crawler search engine biasanya disebut web ‘spider atau ‘robot’. 

Tujuan crawler adalah untuk menemukan halaman web baru yang ada dan juga secara berkala memeriksa konten pada halaman yang telah mereka kunjungi sebelumnya untuk melihat apakah telah diubah atau diperbarui.

Jadi, jika memiliki postingan blog dan ditautkan dari beranda Anda, kemudian mesin telusur melakukan crawl pada website, mesin pencari akan mencari halaman lain untuk diikuti dan mungkin mengikuti tautan ke postingan blog baru Anda.

Tahap 2: indexing

Tahapan kedua adalah pengindeksan atau indexing. Pengindeksan adalah saat mesin pencari memutuskan apakah akan menggunakan konten yang telah crawl atau tidak.

Jika halaman web yang di crawl dinilai layak oleh mesin pencari, halaman tersebut akan terindeks oleh Google.

Ketika sebuah halaman web atau bagian dari konten terindeks, halaman tersebut disimpan dalam database yang nantinya dapat digunakan kembali. 

Sebagian besar halaman web yang menawarkan konten unik dan berkualitas ditempatkan ke dalam indeks. Halaman web mungkin tidak terindeks jika konten:

  • dianggap duplikat
  • bernilai rendah atau berisi spam
  • tidak bisa di crawl

Tahap 3: ranking

Tahapan ketiga adalah langkah yang paling penting, yaitu adalah peringkat atau ranking. Peringkat hanya dapat terjadi setelah langkah crawling dan pengindeksan selesai.

Setelah mesin pencari meng-crawl dan mengindeks situs Anda, maka search engine akan menentukan peringkat yang pantas untuk halaman yang telah terindeks sesuai dengan algoritma dan kebutuhan user.

Perlu juga digarisbawahi, ada lebih dari 100 faktor peringkat yang digunakan mesin pencari untuk menyortir dan memberi peringkat konten.

Semuanya sesuai dengan tiga pilar SEO: pengoptimalan teknis, pengoptimalan di halaman, dan pengoptimalan di luar halaman website.

Itu dia pembahasan seputar SEO, jenis-jenisnya beserta bagaimana cara kerjanya. Untuk menjadi seorang praktisi SEO, Anda harus terlebih dahulu mematangkan pengetahuan mengenai apa itu SEO.

Dengan pengetahuan yang matang, Anda dapat menjelajahi istilah atau ilmu SEO lainnya sehingga mampu meningkatkan level pengetahuan Anda.

Terlepas dari semua itu, jika Anda menemui kebuntuan dalam meningkatkan performa website bisnis Anda di search engine, Anda bisa langsung mengkonsultasikan optimasi secara SEO dengan menghubungi kami.

Kami akan memberikan rekomendasi-rekomendasi teknik SEO yang tepat kepada website bisnis Anda sehingga mampu tampil dengan ranking terbaik pada search engine, bahkan bisa muncul di halaman pertama Google.

Jangan ragu untuk memilih kami sebagai partner Anda dalam mengembangkan website bisnis melalui SEO. Kami siap melayani Anda dan diskusi kapan saja selama 24×7.

Sudah siap muncul di halaman pertama Google? Segera hubungi kami di sini!

Sr SEO Specialist | + posts

SEO Specialist at Median. Experienced in SEO Specialist and Content Strategist with a demonstrated history working in e-Commerce Hub and B2B Industry.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *