Cara Beriklan di Google Ads Terbaru 2023

cara beriklan di google ads

Google menjadi search engine yang paling populer di era sekarang. Untuk itu, bagi sebuah perusahaan atau pebisnis perlu mengetahui cara beriklan di Google Ads guna meningkatkan brand awareness dan penjualan bisnis.

Sebagai informasi, Google Ads merupakan suatu iklan di Google yang bisa dimanfaatkan oleh perusahaan atau pebisnis untuk memasarkan bisnisnya secara maksimal di search engine.

Nantinya, website atau konten yang dipromosikan akan berada di peringkat teratas pada SERP (Search Engine Result Page) dengan label ad atau iklan di samping kiri title.

Bagi sebagian besar orang, mereka belum memahami secara detail bagaimana cara beriklan di Google Ads untuk mendapatkan hasil yang bagus.

Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut mengenai strategi atau tips dalam memasangnya. Simak bersama-sama!

Apa Itu Google Ads?

Sebelum mengetahui cara beriklan di Google Ads, kita bahas sekilas terlebih dahulu mengenai pengertiannya.

Secara garis besar, Google Ads merupakan layanan iklan dari Google yang bisa dimanfaat oleh pebisnis untuk mempromosikan produknya lewat search engine agar diketahui oleh banyak orang.

Jika kamu sedang melakukan pencarian di search engine, kamu pasti akan menemukan pencarian seperti gambar di bawah ini:

cara beriklan di google ads

Strategi digital marketing yang satu ini sangat populer diterapkan oleh para digital marketer untuk meraih user baru supaya mengetahui produk yang ditawarkan.

Bagaimana tidak, hanya dengan menargetkan keyword tertentu serta membayar layanan Google Ads, konten kamu bisa masuk ke peringkat teratas di search engine sehingga banyak orang yang melihatnya.

Beruntungnya lagi, ada beragam manfaat yang bisa kamu dapatkan melalui layanan Google Ads:

  • Dapat membuat target iklan sesuai kebutuhan sehingga bisa menjangkau target pasar yang sesuai dengan layanan produk yang ditawarkan
  • Berpotensi mengontrol biaya iklan dan tidak ada minimum angka. Dengan begitu, kamu hanya membayar iklan jika diklik oleh user
  • Dapat menjangkau orang banyak sehingga bisa menciptakan target pasar baru
  • Dapat memantau perkembangan campaign iklan yang sudah diterapkan

Cara Beriklan di Google Ads (2023)

Setelah mengetahui pengertian sekilas mengenai Google Ads, kini saatnya bagi kamu untuk mengetahui cara beriklan di dalamnya.

Namun, sebelum memulai semua itu, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan:

  • Budget iklan
  • Website
  • Melakukan riset kata kunci

Ketiga hal di atas wajib kamu persiapkan terlebih dahulu. Hal yang paling utama, kamu wajib memiliki website untuk bisa beriklan di Google Ads.

Jika sudah, persiapkan juga budget iklan yang akan dipakai serta jangan lupa untuk melakukan keyword research untuk menentukan target kata kunci yang akan dipakai untuk menjangkau audiens.

Apabila semuanya sudah dipersiapkan dengan baik, mari kita bahas satu per satu cara beriklan di Google Ads.

1. Buka Google Ads dan login

Buka laman Google Ads terlebih dahulu, kemudian klik “start now” untuk mulai akses. Apabila kamu sudah mempunyai akun Google, maka kamu tak perlu lagi membuat akun.

Namun, jika kamu belum mendaftar akun Google, otomatis kamu akan diarahkan untuk melakukan pendaftaran terlebih dahulu.

2. Pahami tujuan iklan yang akan dibuat

Dalam memasang iklan di Google Ads, kamu juga perlu mengidentifikasi tujuan yang dimaksud supaya hasil yang didapatkan maksimal. 

Selain itu, memahami tujuan juga akan membantu kamu untuk menerapkan strategi terbaik dalam memasang iklan. 

Secara garis besar, ada beberapa opsi tujuan yang bisa kamu pilih saat memasang iklan di Google Ads:

  • Leads: campaign ini dijalankan guna mengajak pelanggan untuk melakukan suatu aksi seperti melakukan pembelian atau subscribe newsletter
  • Sales: Meningkatkan penjualan atau konversi secara online
  • Website traffic: Meningkatkan traffic website dengan menyajikan konten berkualitas
  • Product and Brand Consideration: Mendorong calon pelanggan untuk mempertimbangkan brand/produk saat mencari informasi suatu brand di internet
  • Brand awareness dan reach: Menjangkau audiens lebih luas dengan memperkenalkan produk atau brand kepada mereka
  • Local Store Visits and Promotion: Mendorong user untuk mengunjungi store offline

3. Pilih jenis campaign sesuai kebutuhan

Dalam menjalankan Google Ads, kamu juga perlu mempertimbangkan apa campaign yang harus dipakai. 

Pasalnya, hal tersebut akan menentukan strategi yang harus diimplementasikan. Setidaknya, ada 8 jenis campaign sebagai bahan referensi kamu:

Search campaign

Search campaign merupakan jenis iklan berupa teks yang tampil di search engine Google. Jenis iklan yang satu ini cukup populer digunakan oleh para digital marketer dalam memasang ads.

Nantinya, apabila kamu memasang campaign yang satu ini maka akan ada label ads atau iklan pada website kamu di hasil pencarian.

Search campaign cocok dipakai untuk menjangkau user yang kerap kali melakukan pencarian produk/layanan jasa melalui search engine.

Display campaign

Jika search campaign hanya terpaku pada teks saja, display campaign merupakan jenis iklan yang menggabungkan antara teks dan gambar dengan visual yang menarik. 

Dengan desain visual yang menarik, kamu bisa menjangkau target audiens yang relevan. Biasanya, iklan ini bisa ditampilkan di website atau bahkan aplikasi.

Video campaign

Jenis campaign yang satu ini bisa kamu pakai jika ingin menampilkan iklan dengan format video. 

Iklan ini biasanya ditampilkan di YouTube untuk menarik perhatian audiens.

Dengan jenis iklan ini, kamu bisa meningkatkan traffic atau bahkan mengubahnya menjadi conversion rate.

App campaign

Jika kamu mempunyai aplikasi dan ingin mempromosikannya melalui iklan, jenis campaign yang satu ini bisa dipakai dengan optimal.

Melalui campaign ini, kamu bisa menampilkan iklan dengan format teks ataupun gambar dengan tambahan Call To Action (CTA) untuk mengajak user mengunduh aplikasi kamu.

App campaign akan membantu kamu untuk menjangkau user baru.

4. Tentukan budget iklan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, saat memasang Google Ads kamu bisa mengatur budget iklan sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan.

Dalam menentukan budget, kamu bisa memilih dua opsi, yaitu budget untuk harian ataupun tawaran.

Tips dalam mengatur budget yaitu kamu bisa mengatur budget iklan untuk seluruh campaign yang akan dijalankan.

Dengan tips seperti itu, kamu bisa mengidentifikasi mana campaign yang memiliki performa bagus sehingga bisa kamu optimalkan dengan baik.

5. Lakukan riset keywotd

Untuk menjangkau target audiens yang relevan, kamu perlu melakukan riset keyword terlebih dahulu.

Namun, perlu diperhatikan bahwa langkah ini hanya dilakukan apabila kamu ingin menjalankan jenis search campaign.

Dalam melakukan riset, pastikan kamu menentukan keyword yang mempunyai tingkat relevansi tinggi terhadap bisnis atau produkmu.

Kamu bisa menggunakan tools keyword gratis seperti Google Keyword Planner ataupun tools keyword berbayar lainnya seperti Ahrefs, SEMrush dan lain-lain.

Identifikasi keyword yang mempunyai search volume yang tinggi dan keyword difficulty yang rendah.

Semakin rendah tingkat persaingannya, maka semakin mudah bagi kamu untuk menempati peringkat terbaik di search engine untuk konten iklanmu.

6. Buat copy iklan

Cara beriklan di Google Ads selanjutnya yaitu buatlah copy iklan yang menarik supaya user berkenan untuk mengklik kontenmu.

Dalam membuat copy, pastikan gunakan diksi yang persuasif, tetapi tidak berlebihan. Kemudian, cantumkan juga CTA di dalamnya untuk mendorong user.

Gunakan juga kalimat yang informatif dan deskriptif dengan menggambarkan produkmu dengan jelas.

7. Lakukan pembayaran

Setelah semuanya diatur dengan baik, kini saatnya untuk melengkapi pembayaran. Sebelum itu, pastikan semua bahwa aturan ads yang kamu buat sudah sesuai.

Jika sudah, kamu tinggal melakukan monitoring untuk setiap campaign yang dijalankan. Optimalkan beberapa konten yang mempunyai potensi bagus dalam menarik audiens.

Demikian penjelasan mengenai cara beriklan di Google Ads terbaru 2023. Ads menjadi sarana terbaik untuk melakukan promosi produk atau bisnismu di era digital saat ini.

Selain efektif, bisa dibilang biaya Google Ads juga tidak semahal jika kamu mengiklankan produk secara offline melalui billboard atau TV.

Apabila kamu perlu bantuan dalam menjalankan campaign Ads, kamu juga bisa menghubungi Median Digital Indonesia.

Kami akan membantu semaksimal mungkin dalam pemasangan iklan untuk bisnis kamu sehingga menghasilkan leads dan conversion rate yang tinggi untuk bisnismu.

Mulai jalankan campaign Google Ads bersama Median Digital Indonesia sekarang! Hubungi kami di kontak ini!

+ posts

Senior Content Writer at Median who is passionate and enjoys learning about SEO and Digital Marketing.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *