Menulis artikel SEO-friendly adalah salah satu faktor penting bagi perkembangan website kamu. Membuat artikel seo friendly akan membuat website kamu banyak dikunjungi, hal ini tentunya akan membuat website yang kamu miliki akan mendapatkan posisi terbaik di Google.
Lalu bagaimana membuat konten Artikel yang menarik dan SEO Friendly? Apa saja yang sebaiknya dilakukan serta apa saja yang seharusnya tidak dilakukan dalam menulis Artikel?.
Disini Median akan memberikan tips supaya konten yang Kamu buat dapat mudah dipahami oleh pembaca serta mendapatkan rangking terbaik di mesin pencarian Google.
Tips Menulis Artikel SEO Friendly
1. Mencari Kata Kunci yang Tepat
Untuk membuat konten SEO friendly kamu harus melakukan riset untuk mencari kata kunci yang tepat, sesuai dengan niche blog yang kamu buat. Niche blog adalah sebuah tema atau topik pembahasan di suatu blog.
Sebagai blogger, kamu bisa memilih konten sesuka hati. Dengan fokus pada sebuah niche, website atau blog dianggap memiliki nilai lebih. Tidak hanya di mata mesin pencari, namun juga dari sisi user. Disini Kamu dituntut untuk mencari kata kunci yang volumenya besar dan persaingannya kecil, dengan begitu akan memperbesar kemungkinan konten yang Kamu buat untuk bersaing dengan blog lainnya.
Pemilihan kata kunci yang sesuai dengan niche blog kamu juga nantinya akan membuat konten yang Kamu buat jadi relevan.
Dengan begitu pengunjung akan menemukan apa yang mereka cari di dalam blog Kamu.
Tentunya untuk menemukan kata kunci yang tepat kamu bisa memakai beberapa SEO tools yang menyediakan keyword research, seperti contohnya Semrush, Google Trends dan masih banyak lagi.
2. Perhatikan Search Intent Pengguna
Search intent adalah informasi yang diinginkan user saat mencari kata kunci di Google.
Search intent adalah metrik untuk melihat tujuan user dalam menavigasi internet. Dalam hal ini, navigational intent merujuk pada maksud user untuk mengunjungi website tertentu.
Saat user menemukan jawaban yang mereka inginkan tentunya mereka akan membutuhkan waktu yang lama untuk berada di kontenmu, hal ini membuat Google menganggap konten yang Kamu buat bermanfaat bagi user.
Saat Kamu belum yakin dengan search intent pembaca, Kamu hanya perlu melihat kompetitor di hasil pencarian Google.
3. Cermati Struktur Artikel
Setelah menentukan Keyword dan Search Intent kamu juga perlu memperhatikan struktur artikel yang akan kamu buat.
Tujuannya untuk memudahkan pengunjung memahami apa yang Kamu berikan di dalam konten artikelmu.
Pada dasarnya struktur artikel dibagi menjadi 3 bagian yaitu:
- Pembuka (Prolog) : Disini adalah bagian awal dari artikel tempat Kamu mengenalkan topik dan tujuan ke pembaca
- Isi : Penjelasan topik utama secara rinci
- Kesimpulan (Epilog) : Bagian penutup dari sebuah artikel yang berisi dengan rangkuman dan kesimpulan dalam artikel yang Kamu buat.
Kamu juga bisa menambahkan beberapa kalimat singkat berisi garis besar di tiap bagian, lalu mengembangkannya menjadi sebuah penjelasan utuh yang saling berhubungan.
4. Perhatikan Struktur Heading
Pemakaian Heading sangat penting ketika akan membuat artikel SEO-friendly. Sebab hal ini akan memudahkan pembaca menemukan apa yang mereka cari di dalam artikel yang kamu buat, terutama bagi pembaca yang ingin secepatnya menemukan jawaban yang mereka cari dan dengan hanya melihat headingmu saja pembaca akan mulai tertarik untuk terus membaca keseluruhan artikelmu.
Berikut beberapa tips untuk memaksimalkan pemakaian heading:
- Masukan kata kunci pada heading
- Gunakan H2 sebagai judul utama pada artikel, seperti pada judul bab pada buku
- Gunakan H3 bila perlu penjelasan lebih detail, sebagai bagian dari H2 dan begitupun seterusnya
Tak hanya itu Google juga menyukai struktur yang baik. Artikel dengan struktur yang baik akan mendapatkan kesempatan lebih besar berada di posisi pertama rank Google.
5. Pakai Kata Kunci Sewajarnya
Salah satu yang harus dihindari dalam membuat artikel SEO-friendly adalah penggunaan kata kunci yang berlebihan.
Banyak yang berpikir jika menggunakan sebanyak-banyaknya kata kunci akan membuat artikel semakin cepat muncul di laman pencarian Google, padahal hal ini bisa membuat Google menganggap artikel yang Kamu buat adalah spam karena membuat pembaca tidak nyaman.
Karena pada prinsipnya Kamu membuat artikel untuk manusia bukan untuk mesin Google jadi usahakan membuat kata-kata yang nyaman bagi para pembaca.
6. Berikan Elemen Visual
Tidak hanya melulu soal tulisan, konten visual seperti gambar, ilustrasi, dan video juga merupakan bagian penting dalam membuat artikel SEO-friendly.
Dengan memberikan sentuhan visual dalam artikelmu pembaca akan lebih memahami apa yang ingin Kamu sampaikan di dalam artikelmu.
Dengan tambahan gambar atau ilustrasi membuat pembaca menjadi betah untuk membaca lebih jauh artikel yang Kamu buat.
Untuk menambahkan visual di dalam artikel Kamu banyak platform yang menyediakan gambar atau ilustrasi secara gratis seperti contohnya freestock, pinterest, dsb.
7. Optimasi Gambar
Jika Kamu sudah menambahkan elemen visual di dalam artikelmu, lakukan juga optimasi gambar. Tujuannya adalah agar tidak mengurangi pagespeed dari website atau blog Kamu sehingga pengungjung akan lebih nyaman berada dalam websitemu.
Beberapa cara yang harus di lakukan untuk optimasi gambar adalah :
- Beri nama yang pas pada gambarmu
- Buat nama gambar yang singkat dan sesuai dengan kata kunci Kamu. misalnya “lagu-david-bowie.jpg”, hindari menggunakan kata “IMG6357227” atau nama lainnya yang tidak menggunakan kata kunci.
- Masukan alt text pada image yang Kamu gunakan
Deskripsikan secara detail untuk membantu google mengidentifikasi konten yang Kamu bahas. Kamu bisa juga menyisipkan kata kunci di dalam alt text. - Kompres gambar
Perkecil ukuran gambarmu karena ukuran gambar yang besar akan mempengaruhi kecepatan website Kamu.
Kompres gambar yang akan Kamu gunakan untuk mengecilkan ukuran gambar tanpa adanya penurunan kualitas gambar.
8. Optimasi URL
URL yang bisa dibaca juga merupakan syarat menulis artikel SEO-friendly. Google juga memberikan Ciri-ciri URL SEO-friendly seperti contohnya :
median.com/artikel/apa-itu-seo
URL seperti ini tentunya akan lebih mudah dibaca dan diingat bagi para pembaca, selain itu juga akan membantu peringkat kontenmu di mesin pencari. Usahakan agar tiap kata di URL menggunakan tanda hubung dan setiap kata harus terpisah.
9. Manfaatkan Internal Link dan External Link
Internal Link adalah hyperlink dalam artikel yang Kamu buat untuk menuju ke halaman lainnya.
Menggunakan Internal link berguna untuk membantu Google mengindeks website Kamu dan memahami konteks artikel yang Kamu buat hal ini membuat SEO Kamu berjalan dengan baik.
External Link adalah link yang menuju ke website lain. Hal ini bertujuan untuk menjelaskan lebih detail apa yang Kamu maksud dalam artikelmu.
Contoh external link yang banyak dipakai misalnya link yang mengarah ke hasil penelitian, kutipan, atau referensi dari media lain.
10. Konsisten Menerbitkan Artikel
Terakhir dan yang paling penting adalah Kamu harus konsisten dalam membuat artikel untuk websitemu.
Kenapa konsisten menjadi salah satu hal penting untuk membuat artikel SEO-friendly?
Pertama, memberikan manfaat ke pembaca karena mereka menginginkan konten yang aktual/terkini.
Kedua, Konsistensi dalam membuat artikel juga memberikan sinyal ke Google bahwa website yang Kamu jalankan aktif sehingga Google tidak ragu untuk menempatkan webstie Kamu di halaman pencarian.
SEO Specialist at Median. Experienced in SEO Specialist and Content Strategist with a demonstrated history working in e-Commerce Hub and B2B Industry.