Dalam dunia digital saat ini, Google merupakan mesin pencarian yang paling populer dan dominan. Banyak pemilik situs web, pemasar digital, dan pengembang konten yang berlomba-lomba untuk mencapai peringkat yang baik di halaman hasil pencarian Google.
Namun, algoritma Google yang kompleks seringkali menjadi teka teki bagi merkea yang ingin mencapai peringkat yang lebih baik. Dalam artikel ini, kami akan membahas faktor-faktor utama yang mempengaruhi peringkat di Google.
1. Kualitas Konten
Konten berkualitas merupakan faktor krusial dalam peringkat di Google. Konten yang relevan, informatif, dan orisinil memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan peringkat yang baik.
Google memberikan prioritas pada konten yang memberikan jawaban yang komperhensif dan bermanfaat bagi pengguna. Memastikan konten Anda kaya dengan kata kunci yang relevan dan disajikan dengan cara yang menarik dan mudah dibaca juga merupakan hal yang penting.
2. Kelengkapan Konten
Konten yang berkualitas adalah konten yang harus lengkap, karena para pengguna pasti akan mencari informasi yang lengkap di dalam konten yang Anda buat.
Sebenarnya tidak ada patokan berapa banyak kata yang harus Anda buat untuk membuat konten yang lengkap. Misalnya, pengguna mencari dengan keyword “daftar lagu teratas” sudah jelas pengguna ingin mengetahui lagu apa saja yang sedang ada di daftar teratas sekarang.
Agar melengkapi konten yang sudah dibuat, Anda harus menyertakan juga siapa penyanyi dan penciptanya kan. Selain itu jika kompetitor website lain memberikan 10 atau 15 daftar lagu, Anda bisa memberikan 20 atau 25 daftar, atau bisa juga Anda memberikan daftar lagu dari luar negeri yang mungkin bisa menjadi pengetahuan tambahan untuk pengguna.
3. Relevansi Konten
Faktor ini sebenarnya tergantung dari website yang Anda buat. Ada beberapa jenis website yang dibuat, seperti contohnya website berita yang mana website ini harus selalu update tentang berita yang sedang viral. Misalnya ada bencana alam, jumlah korban, update skor pertandingan dsb. Pasti website tersebut akan langsung update tentang kejadian tersebut.
Ada juga website yang membahas tentang edukasi, yang mana website ini biasanya memberikan edukasi atau tips untuk para pembaca, misalnya “cara mengikat tali sepatu”
Seperti yang kita tahu cara mengikat tali sepatu tidak banyak variasinya dan sudah ada sejak dahulu, sehingga tips seperti ini bisa bertahan lama di peringkat Google.
4. Struktur Konten
Struktur konten bukan hal bisa dianggap remeh oleh para pemilik website. Pengunjung biasanya akan cepat bosan dan muak karena konten yang mereka baca berantakan sehingga tidak mendapatkan info yang mereka cari, jadi konten yang kamu sajikan akan menjadi cuma-cuma saja.
Umumnya struktur konten yang baik terbagi menjadi tiga bagian yaitu pembuka, isi, dan kesimpulan. Selain itu Kamu juga bisa menggunakan headings dan subheadings H2, H3, H4 dan seterusnya.
5. Backlink yang berkualitas
Backlink atau tautan balik adalah tautan yang mengarah ke situs web Anda dari sumber eksternal. Backlink digunakan oleh Google sebagai indikator kepercayaan dan otoritas situs web. Backlink yang berasal dari situs web yang terkait dan berkualitas tinggi dapat meningkatkan peringkat Anda di Google.
Kualitas konten sangat penting dibanding dengan kuantitas. Backlink yang diperoleh secara alami melalui konten yang baik dan relevan akan memberikan manfaat jangka panjang.
6. Kecepatan Website
Kecepatan Website sangat berpengaruh penting untuk perangkingan Google. Pasalnya dengan website yang cepat dibuka membuat pengguna menjadi lebih cepat mendapatkan apa yang mereka cari.
Berbanding terbalik dengan website yang lama dibuka, pengguna juga pasti akan mengeluhkan website tersebut dan Google lebih memprioritaskan website yang lebih cepat dibuka ke para pengguna.
7. Pengalaman pengguna
Google sangat memperhatikan pengalaman pengguna saat menentukan peringkat. Faktor-faktor seperti kecepatan loading halaman, responsifitas desain, dan kemudahan navigasi dapat mempengaruhi peringkat situs web Anda.
Pastikan situs web Anda dioptimalkan untuk perangkat seluler dan memberikan pengalaman yang baik kepada pengguna. Hal ini akan meningkatkan waktu tinggal pengunjung di situs Anda dan mengurangi tingkat pentalan, yang pada akhirnya dapat meningkatkan peringkat Anda di Google.
8. Domain Authority
Domain authority adalah skor yang menunjukan seberapa baik peringkat website Anda yang dinilai melalui alamat domain yang digunakan. Dengan mendapatkan skor yang baik website Anda akan mendapatkan rangking yang tinggi di mesin pencarian Google.
Terdapat skor dari 1 hingga 100, semakin tinggi skor yang Anda dapatkan semakin berpotensi menaikan rank Anda di Google.
9. Struktur dan Optimisasi
Halaman dengan struktur yang baik dan optimisasi halaman dapat membantu Google memahami konten situs web Anda dengan lebih baik.
Pastikan untuk menggunakan Judul (title tag), meta deskripsi (meta description) dan tajuk (heading) yang relevan dan menggambarkan isi halaman dengan tepat. URL yang bersih dan deskripsi gambar yang sesuai juga dapat membantu meningkatkan peringkat di Google.
10. Relevansi Lokal
Jika bisnis Anda beroperasi secara lokal, faktor-faktor yang terkait dengan optimisasi lokal menjadi sangat penting. Mengoptimalkan halaman Google My Business, menyertakan informasi kontak yang akurat, dan mendapatkan ulasan positf dari pelanggan dapat membantu meningkatkan peringkat Anda dalam hasil pencarian lokal.
SEO Specialist at Median. Experienced in SEO Specialist and Content Strategist with a demonstrated history working in e-Commerce Hub and B2B Industry.