Tak bisa dimungkiri, di era yang serba online sekarang perusahaan ataupun pengusaha bisa meraup ribuan manfaat digital marketing dalam proses promosi dan branding untuk produk/layanan bisnisnya.
Bagaimana tidak, hampir sebagian besar orang saat ini menggunakan digital marketing sebagai salah satu strategi marketing di era online.
Selain praktis, digital marketing juga dinilai lebih murah dan efisien ketimbang kita mengimplementasikan marketing secara offline.
Sebagai gambaran sekilas, digital marketing merupakan strategi pemasaran yang memanfaatkan platform online seperti Google, media sosial, hingga email atau WhatsApp.
Lantas, apa saja manfaat yang diberikan dari digital marketing? Selengkapnya baca artikel ini sampai habis!
Manfaat Digital Marketing untuk Bisnis
1. Menciptakan target pasar yang relevan
Saat memasang pemasaran offline, kita tidak bisa membuat target pasar sesuai keinginan dan kebutuhan. Sebab, kita hanya memasang iklan di billboard, TV, ataupun media lain sehingga hampir sebagian besar orang dari beragam kategori bisa melihatnya.
Berbeda halnya saat kita mengimplementasikan digital marketing. Kita bisa memakai beragam tools digital marketing yang bisa menargetkan pasar sesuai kebutuhan dan keinginan.
Sebagai contoh, saat kita memasang Facebook Ads kita bisa membuat target pasar mulai dari umur, lokasi, hingga perilaku konsumen.
Dengan begitu, kita bisa mengerucutkan target pasar dan berpotensi besar mendapatkan conversion atau penjualan dari iklan tersebut.
Di sisi lain, Facebook Ads juga bisa diatur dalam hal budget. Hal itu tentu akan lebih menghemat budget iklan dari bisnis kamu.
2. Membangun branding dengan optimal
Sering kali dalam proses berjalannya bisnis kita akan menciptakan produk-produk atau layanan baru.
Jika kita memanfaatkan strategi marketing offline, tentu kegiatan untuk mempromosikan produk baru tersebut akan memakan biaya yang cukup besar karena kita memerlukan wadah promosi seperti billboard, TV, ataupun brosur.
Otomatis, aktivitas tersebut juga akan memakan biaya bisnis kita lebih banyak lagi.
Hal tersebut bisa dioptimalkan dengan baik apabila kita menggunakan digital marketing. Saat hendak mempromosikan produk baru, kita hanya perlu membuat konten yang menarik dan mempublikasikannya ke berbagai macam platform seperti website, media sosial, hingga WhatsApp/email blast.
Hal yang terpenting dalam implementasi promosi produk melalui digital marketing yaitu pembuatan konten yang menarik dengan menampilkan visual serta copy yang persuasif.
Kamu bisa melakukan aktivitas ini secara terus-menerus sehingga nantinya produk kamu bisa dikenal dengan baik oleh banyak orang.
3. Menjangkau calon konsumen dari berbagai area
Hampir sebagian besar orang saat ini menelusuri segala hal informasi dari A-Z melalui online. Faktanya, orang-orang tersebut tidak hanya terbatas di Indonesia saja, melainkan ada dari berbagai negara di dunia.
Hal tersebut tentu bisa dioptimalkan dengan baik saat mengimplementasikan digital marketing untuk aktivitas promosi bisnis.
Kamu bisa menjangkau target pasar dari berbagai negara di dunia tanpa perlu adanya batasan waktu.
Otomatis, peluang produk/layanan bisnismu sangat besar dikenal oleh banyak orang dari berbagai belahan dunia.
Jika beruntung, orang tersebut bisa melakukan transaksi untuk membeli produk yang kamu tawarkan.
4. Biaya strategi pemasaran lebih murah
Manfaat digital marketing selanjutnya yaitu kamu bisa menghemat budget promosi produk ataupun iklan.
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kamu bisa mengatur budget sesuai dengan keperluan saat hendak mempromosikan produk melalui platform digital.
Bahkan, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya saat hendak melakukan promosi produk. Untuk cara ini, kamu bisa memanfaatkan platform seperti media sosial ataupun membuat konten untuk website bisnis.
Dalam penerapannya di konten website, kamu bisa menggunakan strategi digital marketing yang bernama SEO (Search Engine Optimization).
Melalui strategi ini, kamu bisa mendapatkan peringkat terbaik di search engine Google untuk konten website bisnismu.
5. Evaluasi strategi marketing dengan maksimal
Dalam strategi digital marketing, ada banyak sekali tools yang bisa dimanfaatkan guna melakukan evaluasi dari setiap kinerja campaign yang sedang dijalankan.
Dari tools, kamu bisa mendapatkan data-data penting yang bisa digunakan untuk meningkatkan kinerja campaign di masa mendatang.
Sebagai contoh, kamu hendak menerapkan strategi SEO untuk menjalankan sebuah campaign bisnis.
Dari situ, kamu bisa menggunakan tools seperti Google Search Console, Google Analytics, Ahrefs, SEMrush, dan lain-lain untuk memantau kinerja dari setiap konten yang telah dibuat.
Dengan demikian, kamu bisa melakukan optimasi yang sesuai untuk nantinya bisa mendapatkan hasil yang terbaik untuk campaign SEO.
Data-data ini juga nantinya bisa dijadikan bahan presentasi untuk ditampilkan ke divisi lain dan berdiskusi mengenai strategi apa yang akan diterapkan di masa mendatang.
6. Melakukan riset kompetitor dengan baik
Sudah pasti akan ada banyak sekali pesaing atau kompetitor yang mempunyai produk yang sama dengan bisnis kamu.
Hampir sebagian besar dari mereka pastinya sudah menerapkan strategi digital marketing pada bisnisnya di era sekarang.
Untuk mempelajarinya dengan baik, kamu bisa menggunakan beragam tools digital marketing ataupun mencarinya langsung melalui search engine Google.
Dari situ, kamu bisa melakukan riset apa saja strategi yang telah dilakukan oleh kompetitor dan apa saja konten yang belum pernah mereka buat.
Nantinya, kesempatan tersebut bisa kamu manfaatkan dengan baik untuk membuat bisnismu lebih baik dari mereka.
7. Reputasi brand semakin bagus di mata konsumen
Internet menjadi sumber terbaik bagi para konsumen untuk mencari produk terlebih dahulu sebelum nantinya mereka akan membelinya.
Mereka akan mencari dari berbagai sumber mulai dari Google hingga media sosial.
Strategi digital marketing bisa kamu optimalkan dengan baik untuk meningkatkan reputasi brand bisnis.
Hal utama yang perlu dilakukan yaitu membuat konten yang berkualitas dan mempublikasikannya melalui media sosial seperti Instagram, TikTok, Facebook bisnis ataupun website.
Ketika konsumen melihat bahwa konten-konten yang kamu sajikan sangat membantu mereka, maka mereka tidak akan segan-segan untuk membeli produk bisnismu.
8. Membangun loyalitas konsumen
Melalui digital marketing, kamu juga bisa membangun dan meningkatkan tingkat kesetiaan konsumen dengan optimal.
Bagaimana caranya? Kamu bisa mengirimi mereka pesan-pesan personal saat membuat launching produk atau mengadakan promo diskon menarik.
Langkah ini bisa menggunakan platform seperti email ataupun WhatsApp. Saat mereka dikirimi pesan personal, otomatis konsumen akan merasa senang dan dari situ akan tercipta hubungan yang baik antara pengusaha dan konsumen.
Demikian 8 manfaat digital marketing yang perlu kamu ketahui untuk perkembangan bisnis dalam jangka waktu panjang.
Menerapkan strategi digital marketing untuk bisnis tidak begitu sulit, asalkan kamu mempunyai waktu serta sumber daya manusia yang banyak.
Jika bisnismu tidak mempunyai aspek tersebut, kami bisa membantu membangun strategi digital marketing bisnismu dengan optimal.
Median menyediakan beragam layanan digital marketing seperti SEO, Ads, ataupun media sosial.
Kamu bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan kami lewat link ini! Segera optimalkan strategi digital marketing bisnismu bersama Median untuk mendapatkan hasil yang bagus!
Senior Content Writer at Median who is passionate and enjoys learning about SEO and Digital Marketing.