Dalam mengoptimalkan SEO (Search Engine Optimization), para marketer harus memahami perbedaan di antara SEO on page dan SEO off page. Kedua unsur ini sangat membantu mereka untuk mendapatkan performa SEO terbaik bagi website supaya mendapatkan ranking yang bagus di search engine.
Bagi yang belum tahu apa itu SEO on page dan off page, sederhananya kedua strategi tersebut perlu dilakukan oleh praktisi SEO untuk mengoptimasikan website-nya, baik optimasi melalui dalam website maupun luarnya.
Meski kedua hal ini berbeda, tetapi on page dan off page memiliki hubungan yang erat dalam SEO.
Jadi, Anda tidak bisa mengabaikan satu di antara kedua unsur ini jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal di search engine.
Lalu, seperti apa perbedaan SEO on page dan SEO off page? Apa saja yang harus dilakukan untuk mengoptimasikannya? Artikel ini akan mengupasnya secara detail, mari kita diskusi bersama-sama!
Apa Itu SEO On Page?
Sebelum mempelajari SEO on page vs SEO off page, mari kitai bedah terlebih dahulu satu per satu mengenai pengertiannya.
Sebagai praktisi SEO, on page menjadi salah satu hal mendasar yang wajib Anda pahami.
Secara garis besar, SEO on page adalah praktik untuk mengoptimasi website dari dalam, mulai dari optimasi gambar, HTML tag, SEO title, meta description, title tag serta heading pada artikel.
Semua hal tersebut wajib dioptimasi agar artikel mudah terindeks oleh Google sehingga mampu mendapatkan ranking terbaik serta meraup organic traffic dari search engine.
Melalui on page, Anda juga bisa membuat artikel menjadi EAT (Expertise, Authoritativeness, dan Trustworthiness) untuk mengacu pada pembaruan dari Google.
Mengoptimalkan SEO on page perlu ketekunan yang tinggi supaya artikel mampu terlihat menarik bagi user dan Google sekaligus.
Dalam praktiknya, Anda perlu memperhatikan berbagai macam unsur yang sudah tertera di atas, seperti SEO title, meta description, internal link, alt text, dll.
Sebagai contoh, dalam penulisan meta description Anda tidak boleh membuatnya terlalu pendek ataupun terlalu panjang. Begitu juga dalam penulisan SEO title. Semua itu harus Anda perhatikan dengan baik.
Biasanya, saat optimasi on page, Anda bisa memanfaatkan plugin seperti Yoast ataupun Rank Math pada CMS (Content Management System) WordPress untuk mencari tahu apa saja unsur yang belum teroptimasi dengan maksimal.
Akan tetapi, plugin tersebut tidak menjamin konten Anda langsung masuk ke page one Google. Plugin di atas hanya menjadi panduan Anda untuk mengoptimalkan SEO on page.
Selain mengoptimasikan SEO title, meta description, serta penulisan keyword di dalam artikel, Anda juga perlu memperhatikan penempatan internal link.
Internal link akan membantu user untuk mengeksplorasi website Anda lebih dalam lagi. Selain itu, hal ini juga akan membantu Google dalam memahami isi keseluruhan struktur website Anda.
Kemudian, di setiap gambar yang Anda masukkan ke dalam artikel juga perlu Anda optimasi, baik itu dari segi size ataupun alt text image-nya.
Anda bisa memasukkan focus keyword ke alt text image supaya artikel Anda juga terindeks dengan baik melalui Google Image.
Sebelum Anda mempublikasikan artikel, Anda perlu memahami unsur-unsur on page di atas. Jadi, Anda perlu mengoptimasikannya dengan teliti.
Apa Itu SEO Off Page?
SEO off page mengacu pada praktik untuk mengoptimasi website dari luar. Hal ini berbeda dengan on page yang cenderung melakukan optimasi dari dalam website.
Jika tujuan praktik on page untuk membuat artikel SEO-friendly, tujuan dari off page yaitu untuk meningkatkan reputasi website Anda di mata Google. Dalam istilah SEO, hal tersebut yaitu Domain Authority.
Semakin tinggi angka Domain Authority suatu website, maka semakin besar peluang website tersebut untuk ditempatkan di page one oleh Google.
Untuk optimasi off page, Anda perlu memperhatikan beberapa unsur seperti link building, guest blog, social media marketing, local SEO, content marketing, review dari orang lain, dan lain-lain.
Link building menjadi salah satu unsur penting yang perlu dioptimasi untuk meningkatkan Domain Authority.
Pada dasarnya, link building bisa Anda praktikkan secara organik maupun membangunnya sendiri.
Link building organik biasanya ditulis secara sukarela oleh website lain yang tertarik dengan website Anda sehingga ia menanamkan link yang mengarah ke website Anda.
Ketika membangunnya secara manual, Anda bisa langsung menghubungi beberapa website yang isi kontennya relevan dengan website Anda, lalu minta tolong untuk menanamkan link yang mengarah ke website Anda di dalam konten mereka.
Selain itu, Anda juga bisa memperhatikan dari segi local SEO, di mana pada langkah ini Anda bisa membuat Google Business Profile (GBP).
Lewat GBP, Anda bisa memperlihatkan lokasi bisnis lewat Google Maps sehingga memudahkan user dalam mengunjungi tempat bisnis Anda.
Selain itu, lewat situ user juga bisa memberikan review-review positif mengenai bisnis Anda.
Sama seperti halnya on page, off page juga menjadi hal yang penting untuk dioptimasikan bagi para praktisi SEO.
Pasalnya, lewat off page Anda mampu menarik perhatian Google serta menumbuhkan tingkat kepercayaan bagi user sehingga mereka tertarik untuk mengunjungi website Anda.
Perbedaan SEO On Page dan SEO Off Page
Antara SEO on page dan SEO off page mempunyai perbedaan yang signifikan. Jika kita lihat dari masing-masing penjelasan di atas, bisa disimpulkan bahwa on page berfokus untuk mengoptimasi website dari dalam, sedangkan off page dari luar website.
Keduanya mempunyai peran yang sama-sama penting dalam meningkatkan performa website di mata Google dan user. Oleh karena itu, para praktisi SEO diharuskan untuk menguasai keduanya untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
Akan tetapi, hal ini balik lagi kepada kebutuhan dari website Anda. Dalam satu waktu, mungkin saja Anda bisa berfokus untuk mengoptimasi dari salah satu antara on page dan off page.
Seperti itu kira-kira perbedaan antara SEO on page dan SEO off page. Kedua unsur ini berjalan beriringan satu sama lain dalam mengoptimasikan SEO agar mendapatkan hasil yang maksimal.
Jika Anda menemui kebuntuan dalam mengoptimasikan kedua unsur tersebut, Anda bisa langsung mengkonsultasikan permasalahan SEO melalui kami.
Kami akan membantu menyelesaikan masalah yang Anda temui perihal SEO untuk meningkatkan kinerja bisnis Anda melalui digital. Hubungi kami di link ini sekarang juga untuk bertanya-tanya terlebih dahulu!
Senior Content Writer at Median who is passionate and enjoys learning about SEO and Digital Marketing.