Dalam era digital yang semakin berkembang pesat, media sosial telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari.
Facebook sendiri tergabung dalam meta. Ketika kamu membuat iklan melalui facebook ads, iklan kamu bisa muncul di berbagai platform meta, seperti facebook feeds, instagram feeds, facebook marketplace, instagram stories, messenger, audience network dan masih banyak lagi.
Setiap iklan memiliki karakteristik dan preferensi yang berbeda, oleh karena itu kamu perlu memahami audience kamu dan mengoptimalkan konten iklan kamu sesuai dengan setiap lokasi agar mendapatkan hasil terbaik.
Facebook menjadi salah satu media sosial yang paling mendunia saat ini, yang tidak hanya berfungsi sebagai platform berkomunikasi, tetapi juga menjadi ladang subur bagi berbagai macam usaha dan bisnis untuk memperluas jangkauan dan mendapatkan pelanggan baru.
Meskipun banyak platform media sosial baru yang bermunculan seperti Tiktok, tetapi itu tidak menghilangkan status Facebook sebagai media sosial terbesar saat ini dikarenakan memiliki audience yang loyal dan cukup aktif sampai saat ini.
Salah satu alat yang paling efektif untuk mencapai tujuan ini adalah iklan facebook. Dalam artikel ini, median akan menjelaskan secara rinci tentang bagaimana cara kerjanya.
Apa Itu Facebook Ads?
Facebook Ads adalah singkatan dari Facebook Advertising, yang merupakan postingan atau unggahan yang digunakan brand atau pembisnis untuk mengiklankan produk mereka di Facebook.
Facebook Ads adalah platform iklan yang disediakan oleh Facebook bagi pengiklan untuk mempromosikan produk, layanan, atau konten mereka kepada pengguna Facebook yang sesuai dengan target demografis, minat, dan perilaku tertentu.
Ini berarti iklan yang ditampilkan akan muncul di beranda atau di antara unggahan pengguna di Facebook, Instagram, Messenger, dan bahkan di Audience Network, yang mencakup jaringan situs web dan aplikasi mitra.
Bujet yang digunakan juga beragam mulai dari 20 ribu rupiah kamu sudah bisa beriklan di Facebook, semakin tinggi bujet yang kamu gunakan semakin banyak pula reach yang kamu dapatkan untuk iklanmu.
Selain itu iklan di Facebook juga ada berbagai macam seperti : video ads, image ads, corousel ads, stories ads dan masih ada beberapa lagi.
Baca juga : 5 Manfaat Menggunakan SEO pada Website
Jenis-Jenis Facebook Ads
Facebook sendiri menawarkan berbagai macam jenis iklan untuk kamu, agar lebih mudah untuk menawarkan barang atau jasa yang ingin kamu tawarkan ke audience. Berikut beberapa jenisnya :
- Image Ads
Untuk iklan image ads di Facebook ini menggunakan konten gambar. Image ads adalah kategori iklan yang paling mudah untuk diidentifikasi, kamu hanya perlu membuat gambar untuk iklan kamu lalu unggah dan berikan deskripsi di halaman iklan kamu.
Lalu buat tindakan peningkatan agar iklan kamu memiliki cakupan yang ingin kamu sebarkan seperti, demografi dan minat.
Tips : Jangan gunakan image yang terlalu banyak teks, pakailah copywriting simple mungkin. Hal ini akan memudahkan audience untuk menangkap pesan iklan yang ingin kamu sampaikan.
- Video Ads
Pada feed dan stories pada halaman iklan kamu dapat berbasis pada video ini. Dengan video ads kamu bisa membuat iklan seperti demo produk dan layanan jasa kamu dengan lebih detail.
Video Facebook yang lebih panjang juga dapat ditampilkan sebagai iklan in-stream.
- Lead Ads
Jika kamu menginginkan agar orang tertarik dan segera menghubungi kamu untuk produk yang kamu iklankan, iklan jenis ini sangat cocok untuk kamu.
Karena tujuan dari lead ads adalah memudahkan pengguna untuk memasukan data diri mereka tanpa harus banyak mengetik. Tetapi jenis iklan ini hanya bisa diakses di seluler.
- Carousel Ads
Format iklan Carousel adalah memungkinkan kamu untuk meletakan hingga 10 foto atau video secara bersamaan. Dengan meletakan video dan foto secara bersamaan membuat pengguna lebih memahami tentang produk atau jasa yang ingin kamu sampaikan.
Kamu juga dapat menampilkan URL di setiap gambar atau video yang kamu gunakan, agar lebih memudahkan pengguna yang ingin melihat kedalam iklanmu, serta kamu dapat menambahkan beberapa tombol CTA seperti, beli atau sign up.
- Poll Ads
Iklan ini menggunakan gaya polling, dan iklan ini hanya dapat diakses menggunakan seluler. Satu-satunya jenis yang diterima adalah polling dua opsi.
Polling ini adalah tambahan opsional untuk iklan konvensional yang dapat ditambahkan ke iklan gambar maupun video.
Langkah membuat Facebook Ads
Facebook ads sendiri memiliki cara kerja sendiri yang harus kamu pahami, agar nantinya memudahkan kamu untuk menjalankan iklan di facebook. Berikut langkah-langkah membuat iklan :
- Membuat Kampanye
Pertama, hal paling penting adalah kamu perlu membuat kampanye iklan di Facebook Ads Manager.
Kampanye ini akan memiliki tujuan spesifik yang ingin Anda capai, seperti meningkatkan lalu lintas situs web, meningkatkan kesadaran merek, mendapatkan lebih banyak laporan, dan lain sebagainya.
- Pemilihan Target Audiens
Anda dapat menentukan target audiens berdasarkan berbagai kriteria seperti usia, jenis kelamin, lokasi geografis, minat, perilaku online, dan lainnya.
Ini memungkinkan Anda untuk mencapai audiens yang paling relevan dengan produk atau layanan Anda.
- Pemilihan Gaya Iklan
Berbagai macam pilihan gaya iklan di dalam facebook, kamu dapat memilih berbagai jenis iklan, seperti gambar statis, video, carousel, iklan di Facebook, Instagram, atau platform lainnya yang dikelola oleh Facebook.
Masing-masing jenis iklan memiliki keunggulannya tersendiri. Sebagai contoh jika kamu memkai gaya carousel, kamu dapat memuat image atau video dalam satu iklan.
- Penentuan Anggaran dan Penjadwalan
Kamu perlu menetapkan anggaran harian atau total untuk kampanye kamu. kamu juga dapat mengatur jadwal iklan, baik itu berjalan terus-menerus atau hanya pada waktu-waktu tertentu.
Dengan penentuan anggaran yang tepat dan juga terjadwal diharapkan iklan yang kamu buat akan tepat pada sasaran sehingga tidak banyak menghabiskan bujet anggaran kamu.
- Pembuatan Konten Iklan
Buatlah konten iklan yang menarik dan relevan dengan audiens kamu. Ini bisa berupa teks, gambar, video, judul, deskripsi, dan tautan yang mengarah ke situs web atau halaman tujuan lainnya.
Dengan begitu audience akan tertarik untuk melihat iklan kamu.
- Pemilihan Tempat Iklan
Anda bisa memilih di mana iklan Anda akan ditampilkan. Ini bisa di Facebook Feed, Instagram Feed, Stories, Audience Network, dan lainnya.
Pilihan ini akan mempengaruhi di mana audiens Anda akan melihat iklan Anda.
- Optimisasi dan Pemantauan
Setelah iklan kamu berjalan, kamu perlu terus memantau performanya. Facebook Ads Manager menyediakan data dan statistik tentang berapa banyak orang yang melihat iklan kamu, berapa banyak yang berinteraksi, dan berapa banyak konversi yang dihasilkan.
Sehingga data dari iklan kamu dapat kamu pantau untuk memutuskan bagaimana kamu akan menjalankan iklan kamu selanjutnya.
Baca juga : Apa Itu SEO? Pengertian, Jenis-jenis, dan Cara Kerjanya
Kelebihan Facebook Ads
Facebook dapat menjadi wadah yang bagus untuk kamu yang ingin mempromosikan barang atau jasa yang kamu punya.
Karena penggunanya yang loyal dan banyak, facebook sangat direkomendasikan bagi para pebisnis kecil maupun besar.
Berikut beberapa keunggulan bagi kamu yang ingin beriklan di Facebook
- Penargetan yang Tepat
Kamu dapat mengatur target audiensmu dengan sangat spesifik berdasarkan faktor seperti lokasi geografis, usia, jenis kelamin, minat, perilaku online, pendidikan, pekerjaan, dan banyak lagi.
Ini memungkinkan kamu untuk menjangkau orang-orang yang paling relevan dengan produk atau layanan kamu.
- Pemantauan dan Analisis Mendalam
Anda dapat melacak performa iklan Anda secara rinci melalui Facebook Ads Manager.
Ini memberikan wawasan tentang statistik seperti jumlah tayangan, klik, tindakan yang diambil, konversi, dan biaya per tindakan.
Anda dapat menggunakan data ini untuk mengoptimalkan kampanye Anda.
- Fleksibilitas Anggaran
kamu dapat menyesuaikan anggaran iklan kamu sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan keuangan Anda.
kamu bisa memulai dengan anggaran kecil dan meningkatkannya seiring berjalannya waktu.
Sehingga bujet anggaran kamu tidak akan terbuang sia-sia.
- Flesibilitas Dalam Tujuan Kampanye
Kamu dapat menyesuaikan tujuan kampanye Kamu, seperti meningkatkan kesadaran merek, mempromosikan produk atau layanan baru, mendapatkan lebih banyak tindakan seperti klik atau pendaftaran, dan lain-lain.
Sehingga memudahkan audience yang ingin gabung melalui iklan yang kamu buat.
- Pengelolaan Sentral
Dengan Facebook Ads Manager, pengiklan dapat mengelola berbagai kampanye iklan dari satu tempat, membuat pengelolaan kampanye menjadi lebih efisien.
Dalam dunia yang terus berubah dengan cepat, Facebook telah menjadi salah satu alat paling kuat untuk memasarkan produk dan layanan. Dengan kemampuan penargetan yang tepat, pengukuran kinerja yang akurat, dan berbagai fitur kreatif, dan memungkinkan bisnis untuk tumbuh dan berkembang di dunia digital yang semakin kompleks.
Facebook terbukti menjadi platform yang tepat untuk kamu mulai beriklan menawarkan barang atau jasa. Jika kamu tidak ada waktu untuk memasang atau menjalankan ads, Median Digital Indonesia menyediakan berbagai layanan Digital Marketing sesuai dengan kebutuhan Anda termasuk ads, klik di sini untuk konsultasi lebih lanjut bersama Median Digital Indonesia.
Strong passion in Search Engine Optimization, Social Media Ads, as well as Content Creation.