Di era modern ini, banyak perusahaan yang berfokus memaksimalkan promosi produk dan jasa mereka secara digital. Tapi, apa alasan mereka berfokus pada strategi pemasaran digital?
Nah, artikel berikut ini akan membahas pengertian digital marketing dan kelebihannya dibandingkan dengan strategi pemasaran lainnya.
Selain itu, kami juga akan menjelaskan beberapa strategi digital marketing terbaik untuk tingkatkan efektifitas promosi kamu. Yuk cek sekarang!
Apa itu Digital Marketing
Apa kamu pernah melihat iklan saat menggunakan social media, seperti Instagram dan Tiktok? Atau melihat iklan saat menonton video di Youtube?
Nah, Itu merupakan salah satu contoh strategi digital marketing yang digunakan brand untuk menarik konsumen dan meningkatkan awareness suatu produk.
Lalu apa itu digital marketing? Menurut Kotler dan Armstrong, 2009. Pemasaran digital adalah bentuk pemasaran yang menghubungkan konsumen dengan penjual secara elektronik menggunakan teknologi interaktif seperti email, situs web, forum online dan sebagainya.
Digital marketing dapat disimpulkan sebagai strategi dalam memasarkan atau mempromosikan brand menggunakan media digital atau internet untuk mencapai tujuan tertentu.
Keuntungan Promosi Secara Digital
Semua jenis pemasaran berpotensi membantu bisnis kamu semakin berkembang. Namun, pemasaran digital menjadi semakin penting karena kemudahan akses dan banyaknya pengguna internet saat ini.
Berdasarkan data Statista, ada 5,18 miliar pengguna internet di seluruh dunia per April 2023, yang merupakan 64,6% dari populasi global.
Banyak keuntungan yang dapat kamu peroleh melalui pemasaran digital. Salah satu kelebihannya adalah kamu dapat menjangkau audiens yang luas dengan biaya yang relatif lebih hemat dibandingkan dengan strategi pemasaran tradisional.
Selain itu, strategi digital marketing dapat membantu membangun brand awareness, meningkatkan reputasi brand, dan meningkatkan penjualan produk. Tertarik untuk mencoba?
Nah, berikut beberapa strategi digital marketing tools yang bisa kamu gunakan!
5 Strategi Digital Marketing Terbaik
Ada beberapa strategi digital marketing yang bisa kamu gunakan untuk memasarkan produk maupun jasa melalui sarana digital.
Berikut 5 rekomendasi strategi digital marketing terbaik yang dapat kamu coba:
1. Social Media Marketing
Social Media Marketing (SMM) adalah salah satu strategi yang banyak digunakan perusahaan. Strategi marketing ini dianggap lebih efisien jika dibandingkan dengan metode marketing konvensional.
Lalu apa itu Social Media Marketing? Menurut Wordstream, Social Media Marketing adalah bentuk pemasaran digital yang memanfaatkan jaringan media sosial populer untuk mencapai tujuan pemasaran dan branding.
Secara sederhana, Social Media Marketing adalah strategi pemasaran menggunakan media sosial sebagai sarana untuk promosi, meliputi Facebook, Instagram, maupun Tiktok.
Pemasaran media sosial membutuhkan strategi dengan sasaran yang terukur. Pasalnya, pemilihan platform social media menjadi hal penting karena berhubungan dengan kesesuaian target market..
Setiap sosial media mempunyai ciri khas dan pengguna yang berbeda-beda. Misalnya, Tiktok yang cocok untuk konten visual dan video yang didominasi pengguna dengan rentan usia 18-24 tahun.
2. Optimasi SEO
SEO merupakan singkatan dari “Search Engine Optimization”. Secara sederhana, SEO adalah proses optimasi website untuk meningkatkan visibilitas di mesin pencari seperti Google dan Bing.
Semakin baik visibilitas halaman suatu brand dalam hasil pencarian keyword tertentu, maka semakin besar kemungkinan user mengunjungi situs tersebut dan mendapatkan pelanggan potensial.
Penerapan strategi SEO tidak mengeluarkan biaya yang banyak dibandingkan dengan strategi digital marketing lainnya, seperti Google Ads, Facebook Ads, dan Instagram Ads.
Oleh karena itu, banyak perusahaan yang memulai kampanye digital marketing dengan menggunakan metode SEO.
Untuk lebih detail, kamu dapat membaca artikel : Apa Itu SEO? Pengertian, Jenis-jenis, dan Cara Kerjanya
3. E-mail Marketing
Berdasarkan Mailchimp, Email marketing adalah penggunaan email sebagai sarana untuk mempromosikan produk dan layanan bisnis, serta mendorong loyalitas pelanggan.
Pemasaran email adalah saluran pemasaran yang masih banyak digunakan perusahaan. Biasanya, email marketing berisi penawaran dan diskon terbaru serta membantu membangun relasi yang baik dengan customer.
Dibandingkan dengan metode marketing lain, Email marketing memang terkesan lebih tradisional. Namun, email marketing masih menjadi pilihan perusahaan dalam memasarkan produk ataupun jasa.
Teknik ini dapat dikatakan lebih tepat untuk membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan. Seperti mengirimkan promosi produk atau layanan, voucher, dan diskon terbatas untuk meningkatkan loyalitas pelanggan.
4. Google Ads
Google Ads adalah program periklanan online yang disediakan oleh Google berupa iklan teks yang muncul di halaman teratas hasil mesin pencari Google.
Google Ads adalah platform periklanan online dengan sistem pay-per-click (PPC). Artinya, kamu perlu membayar kepada Google setiap kali iklan kamu diklik oleh audiens.
.Dengan Google Ads, kamu dapat menjangkau audiens lebih luas sesuai target perusahaan, meningkatkan brand awareness, hingga meningkatkan menjual produk maupun layanan.
Salah satu kelebihan Google Ads adalah kamu dapat mengontrol biaya beriklan sesuai dengan budget kamu, sehingga kamu tidak perlu khawatir akan adanya pengeluaran lebih melalui Google Ads.
Kelebihan lainnya adalah kamu dapat dengan mudah menambahkan dan mengubah iklan kapan saja, termasuk anggaran, dan isi iklan.
5. Content Marketing
Content marketing adalah strategi marketing yang berfokus dalam merencanakan, membuat dan mendistribusikan konten untuk menarik konsumen menggunakan produk atau jasa bisnis kamu.
Tujuan utama dari strategi content marketing adalah meningkatkan brand awareness, terutama untuk kamu yang sedang merintis bisnis baru.
Selain itu, konten marketing bisa menjadi investasi jangka panjang. Kamu juga perlu mengoptimasi SEO agar konten-konten yang kamu tayangkan mudah ditemukan oleh user.
Apabila kamu memerlukan bantuan dalam menerapkan strategi digital marketing yang tepat, kami dapat membantu untuk meningkatkan visibilitas websites dan kunjungan melalui strategi yang efektif.
Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kami di link berikut ini!
SEO Specialist at Median. Experienced in SEO Specialist and Content Strategist with a demonstrated history working in e-Commerce Hub and B2B Industry.